Media Pembelajaran Sistem Rangka Manusia Dengan Augmented Reality untuk Siswa SMP
(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi secara perlahan hadir di dunia pendidikan, yang selaras dengan banyak kesempatan untuk belajar dan berlatih. Kemunculannya dalam dunia pendidikan tampaknya tepat waktu mengingat sifat dari kebutuhan belajar saat ini: lebih luas, akses cepat ke materi pembelajaran dan kebutuhan terus-menerus untuk komunikasi yang cepat. Salah satu contoh dari penerapan teknologi baru adalah media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran IPA bab sistem rangka manusia kelas VII. Dengan memanfaatkan teknologi 3D (Augmented Reality) untuk menampilkan kerangka manusia maka pembelajaran menjadi semakin menarik. Teknologi 3D yang dikembangkan tidak memerlukan marker atau penandaa sehingga pengguna bisa memunculkan 3D kerangka manusia dimana saja sesuai dengan intruksi yang telah disediakan. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak dan berurutan. Metode waterfall terdiri atas analisis, desain, pengodean, implementasi, pengujian dan tahap pendukung. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem rangka manusia yang telah dibuat secara fungsionalitas berjalan dengan baik dan dinilai layak digunakan. Fitur 3D yang digunakan tanpa marker memang memudahkan pengguna.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1405 timesPDF - 1460 times
DOI: https://doi.org/10.26714/me.v14i1.6026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 MEDIA ELEKTRIKA
Editorial Office of Media Elektrika
Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. Phone: 085299398663 |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.